Tentang Pohon Bidara Tanaman Hias Rumah

Bidara atau widara (bidara) adalah sejenis pohon kecil menghasilkan buah yang tumbuh di daerah kering. Tanaman ini juga dikenal dengan berbagai nama seperti daerah widara (bahasa Jawa, Sunda) atau disingkat menjadi perawan (Jawa.); bukol bekul; ko (Sawu); kok (Rote); kom, con; bĕdara (Alor); rangga; dan kalangga.

Menyebutkan di negara-negara lain termasuk: bidara, jujub, epal siam; manzanitas, zee-pen (Burma); putrea (Kamboja); dari (Laos); phutsaa, ma tan (Thailand); tao, tao nhuc (Vietnam). Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Jujube, bidara, plum India, atau Cina, Apple; dan Jujubier di Perancis.

Pohon Bidara

Semak atau pohon kecil, biasanya melengkung, hingga 15 m tinggi dan gemang batang sampai 40 cm. Cabang-cabang menyebar dan sering menjuntai, dengan ranting tumbuh rambut simpang siur dan pendek. Evergreen atau semi-gugur.

Daun leverage dalam bentuk duri, sendirian dan langsung (5-7 mm), atau berbentuk pasangan dimorfis, di mana yang terakhir ini lebih pendek dan melengkung, kadang-kadang tanaman bidara tanpa duri.

daun tunggal adalah alternatif. Menjorong daun bulat telur atau lonjong berbentuk bulat panjang, 2-9 cm x 1,5-5 cm; bertepi datar atau sedikit menginggit; botak dan mengkilap di sisi atas, dan pertemuan merasa rambut keputihan pada sisi bawah; dengan tiga tulang daun utama jelas longitudinal selaras; bertangkai pendek 8-15 mm.

Menggarpu payung berbentuk perbungaan tumbuh di ketiak, 1-2 cm panjang, mengandung 7-20 kuntum. Bunga-bunga kecil, antara 2-3 mm, kuning, sedikit wangi, sessile 3-8 mm; bertaju kelopak bentuk 5 delta (menyegitiga), berbulu di luar dan telanjang di dalam; 5 mahkota, agak seperti spatula, cekung dan melengkung.

buah batu yang bulat untuk oval, hingga 6 cm × 4 cm pada kultivar tumbuh, tetapi kebanyakan jauh lebih kecil di pohon-pohon menjadi liar; halus atau kasar berkulit, mengkilap, tipis tapi sulit, kekuningan, kemerahan menjadi hitam saat matang; daging putih, bersisik, dengan banyak jus yang agak asam untuk rasa manis, menjadi tepung pada buah sudah masak. Biji terbungkus di shell dan berlekuk inti tidak teratur berbingkul mengandung bentuk 1-2 biji coklat lonjong.

Tidak ada komentar untuk "Tentang Pohon Bidara Tanaman Hias Rumah"